Select your Top Menu from wp menus

Diterjang Badai Salju Usai Kemah, 8 Pendaki Tewas di Puncak Gunung Gurja Nepal

Diterjang Badai Salju Usai Kemah, 8 Pendaki Tewas di Puncak Gunung Gurja Nepal  – Sekurang-kurangnya delapan pendaki dari team ekspedisi Korea Selatan (Korsel) meninggal selesai kemah mereka diterjang badai salju di puncak Gunung Gurja, Nepal. Satu pendaki yang lain dilaporkan menghilang.

Sabtu (13/10/2018) , team SAR sudah mendapatkan area delapan jenazah yg tergeletak serta menyebar pada puing-puing kemah pada Sabtu (13/10) pagi waktu ditempat. Tetapi keadaan di lapangan yg tdk konstan serta penuh es halangi usaha pengungsian beberapa pendaki yg meninggal.

” Kami mengira insiden berlangsung lantaran badai salju lantaran pohon pohon serta kemah roboh. Bahkan juga jenazah korban meninggal, menyebar, ” ucap jubir kepolisian ditempat, Sailesh Thapa.

Delapan korban meninggal terdiri atas empat pendaki asal Korsel serta empat pemandu asal Nepal. Bukti diri mereka belum pula diumumkan ke publik. Satu pendaki yang lain yang datang dari Korsel belumlah juga didapati keberadaannya. Pendaki ke lima asal Korsel ini masuk terakhir dalam ekspedisi itu serta belum pula didapati apa ia sukses menggapai base camp kala badai salju menerjang.

Suatu helikopter penyelamat sukses menggapai area peristiwa serta sanggup lakukan pendaratan di ruang kamp ekspedisi itu. Tetapi petugas tdk dapat mengevakuasi satu juga jenazah korban.

” Segalanya hilang, semua tenda tersapu angin. Kondisinya terlampau licin lantaran es untuk meneruskan pelacakan, ” ucap pilot helikopter penyelamat, Siddartha Gurung. Dipaparkan Gurung kalau team penyelamat mengharap akan kembali pada area itu pada Minggu (14/10) besok, bila kondisinya sangat mungkin.

Wangchu Sherpa dari Trekking Camp Nepal, yg mengadakan ekspedisi ini, menjelaskan pihaknya mulai hati-hati selesai tdk ada berita dari team ekspedisi Korsel itu saat hampir 24 jam. ” Selesai mereka (beberapa pendaki) hilang kontak semenjak tempo hari, kami mengerahkan orang dari desa serta suatu helikopter untuk mencari mereka, ” ucap Wangchu.

Grup pendaki Korsel serta beberapa pemandu mereka ini dilaporkan berkemah pada ketinggian 7. 193 mtr. di ruang Gunung Gurja, sambil menanti cuaca tambah baik biar dapat menggapai puncak gunung.

Pendaki tersohor asal Korsel, Kim Chang-ho, dilaporkan pimpin ekspedisi itu. Kim sempat membuat rekor jadi pendaki paling cepat menggapai puncak 14 gunung paling tinggi pada dunia tiada memanfaatkan oksigen pertolongan. Otoritas ditempat menyebutkan Kim adalah satu diantaranya korban meninggal.

Gunung Gurja yg terdapat di lokasi Annapurna, Nepal adalah gunung paling tinggi ke-7 pada dunia serta jarang didaki. Gunung Gurja pertama digapai puncaknya tahun 1969 oleh team Jepang. Menurut Database Himalaya, tdk ada yg mendaki puncak Gunung Gurja dalam 22 tahun selanjutnya. Sampai sekarang, empat pendaki meninggal sebelum menggapai puncak serta keseluruhan 30 pendaki yg sukses menggapai puncak. Banyaknya ini benar-benar mencolok bila dibanding dengan Gunung Everest, gunung paling tinggi dunia, yg sudah didaki lebih dari 8 ribu orang di puncaknya.

About The Author

Related posts