Select your Top Menu from wp menus

Makam Sunan Kudus Mulai Dipadati Para Peziarah Jelang Ramadan

Makam Sunan Kudus Mulai Dipadati Para Peziarah Jelang Ramadan – Beberapa waktu mendekati bulan suci Ramadan, makam Sunan Kudus atau Syekh Ja’far Shodiqi di Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ramai didatangi peziarah. Lebih waktu ini adalah minggu akhir dengan libur yang panjang.

Peziarah bukan cuma dari dalam kota, tetapi pula mereka datang dari seluruhnya daerah di Indonesia. Dengan banyaknya kunjungannya menggapai seputar 2. 000 orang perhari.

” Waktu ini kunjungan peziarah ramai dari umumnya. Ini berlangsung semenjak Maret 2019 hingga saat ini, ” kata petugas Makam Sunan Kudus, Taqwim di area, Minggu (21/4/2019) .

Ia mendata banyaknya kunjungan peziarah menggapai 2000-an orang. Karena sangat jumlahnya peziarah, petugas lantas menetapkan mode giliran atau bergantian kedua-duanya kala ada di makam.

Perwakilan Yayasan Masjid Menara serta Makam Sunan Kudus, Denny Nurhakim menyampaikan, pihaknya menetapkan pembedaan pada jalan keluar serta masuk makam.

” Sebab kepadatan jadi peziarah lewat jalan yang sama. Selanjutnya kepadatan makin berlangsung, hingga jalan masuk serta keluar dibedakan, ” tukasnya.

Buat menyikapi hal tersebut, pihaknya menyiagakan dua team yang mengendalikan peziarah agar teratur kala melalui pintu masuk sesuai sama peruntukannya.

Menurut dia waktu ini memang ramai. Situasi ini dapat mulai menyusut demikian masuk Ramadan. Kompleks makam dibuka buat umum dari jam 05. 00 WIB sampai jam 24. 00 WIB. Dan spesial buat Sabtu malam dibuka saat 24 jam.

Rasimin, peziarah asal Kedungjati, Kabupaten Grobogan akui tiap-tiap tahun mendekati Ramadan seperti saat ini senantiasa berziarah ke Makam Sunan Kudus. Umumnya ada ke makam bersama dengan tetannganya dengan rombongan.

” Tiap-tiap tahun seringkali ke Makam Sunan Kudus. Ya seperti saat ini, mendekati Ramadan. Saya ada dengan 80 orang anggota rombongan, ” kata Rasimin didapati di muka Menara Kudus.

About The Author

Related posts